KAMI MENERIMA JASA SERVICE TV, PEMBUATAN PEMANCAR FM BROCASTING,RPU FM, RPU 2 METERAN BAND, ANTENA, PLL FM, RADIO FM KOMUNITAS, BOSTER, DVD PLAYER, PONSEL, SPIKER ACTIVE MULTIMEDIA, KOMPUTER DLL untuk pangilan silahkan telp/sms ke 082137068868

Wednesday, August 24, 2011

Klinik ponsel yan2- DVD PLAYER-analisa kerusakan

KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA DVD PLAYER

    Perangkat elektronik pada era sekarang ini jarang yang awet tidak seperti keluaran terdahulu, ini banyak terjadi pada umumnya perangkat elektronika seperti ponsel, dvd player, laptop dsb. Adapun faktor penyebabnya antara lain dari pabrik dan pemakaianya pada alat-alat elektronika tersebut. saya akan mencoba memberikan sedikit ulasan tentang kerusakan dvd player yang sering terjadi pada:

1. Regulator AC matic yaitu suatu rangkaian pada perangkat elektronik terutama dvd player yang berfungsi untuk merubah tegangan Ac menjadi DC dengan output tegangan yang digunakan seperti +5V, +12V, -12V, yang di berikan ke MPEG, display , motor dsb. Apabila rangkaian ini rusak dvd akan mati total atau hanya hidup display lcdnya saja, kerusakan pada ac matic biasanya disebabkan karena konsleting, tegangan listrik yang naik turun, lembabnya pada rangkaian ac matik tersebut apabila dvd lama tidak dipakai juga elco 47 uf/450v kering/soak menyebabkan output tegangan menjadi drop.



2. OPTIC yang berfungi sebagai pembaca piringan cd, optik ini juga sering rusak disebabkan karena tergores debu yang menempel pada cd atau juga karena sering memutar cd yang sudah kurang bagus, dan rusak karena memang sudah waktunya misalnya sudah lebih dari masa garansi. Apabila optik rusak dvd tidak bisa membaca cd atau no disc, audio dan vidieo menjadi macet-macet.

3. Panel atau tombol control menjadi tidak berfungsi biasanya karena mikro swith rusak atau ic driver panel yang tak berfungsi, kerusakan pada rangkaian ini dvd masih bisa diputar akan tetapi harus menggunakan remote control.

4. Dan sering juga pada mekanik tempat meletakan piringan cd ini yaitu pada motor penggerak, swith open close, roda gigi2 rel mekanikal yang aus, karet yang kendor. Kerusakan pada mekanik membuat dvd no disc, tak bisa mengeluarkan casset cd.

5. Yang terakhir dan amat vital yaitu rangkaian mpeg yang terdiri dari driver, ic memory, ic display. Tanda-tanda kerusakan antara lain no disc, video tidak tampil, audio nois bahkan tak mengeluarkan suara, dvd mati total, display lcd tidak tampil.


Inilah yang sering saya jumpai pada semua dvd/vcd player adapun cara memperbaikinya pada kerusakan dvd player akan saya lanjutkan pada sesi berikutnya
nee jari sudah pada keriting maklum tak pernah menulis he he he????
bersambung.................................................

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More