KAMI MENERIMA JASA SERVICE TV, PEMBUATAN PEMANCAR FM BROCASTING,RPU FM, RPU 2 METERAN BAND, ANTENA, PLL FM, RADIO FM KOMUNITAS, BOSTER, DVD PLAYER, PONSEL, SPIKER ACTIVE MULTIMEDIA, KOMPUTER DLL untuk pangilan silahkan telp/sms ke 082137068868

Sunday, January 8, 2012

Ponsel Cross GG53AB Konslet RDA 6231


           Kita sering mendapati pasien dari berbagai merk ponsel yang matot atau hanya baterai ngedrop, ini terjadi karena ponsel tersebut mengalami konsleting yang penyebabnya karena ponsel terkena air atau jatuh. Konsleting ini biasanya terjadi pada komponen yang berhubungan langsung dengan B+ tegangan 3.7 volt  yaitu ic power, ic charger, ic pa, ic led dan capasitor yang blong ke ground.

Tetapi pada akhir ini ada ponsel Cross type GG53AB yang tanpa sebab seperti tersebut diatas tiba-tiba ponsel menjadi mati total (matot bahasa tehnisi kita sehari hari ). Perkiraan saya dulu waktu pertama mendapat pasien ini  adalah kerusakan pada SW bukan HW karena dilihat dari cesingnya ponsel ini masih mulus dan masih  perawan karena belum tersentuh oleh obeng he he he - bisa ajja?? alias segel masih utuh dan tak ada tanda terkena air atau hanya lembab. 
Tetapi saat saya tes dengan PS ternyata amat mengagetkan karena jarum ampere naik langsung down alhasil konslet, we la da lah kok bisa?   Selanjutnya saya ukur memakai multitester pada konektor baterai  kaki positif dan negatif ternyata betul ada hubungan singkat. 
  
Selanjutnya tanpa basa basi ponsel Cross GG53AB tersebut saya bongkar dan langsung menuju ke TKP yaitu mencurigai IC PA, segera ambil gagang blower untuk mengangkat IC PA RDA 6231 sekitar 25 putaran sudah bisa dilepas. Dan saya coba ukur lagi dengan multitester pada konektor baterai ternyata kecurigaan saya ada hasilnya  yaitu konsleting hilang dan di coba lagi menghidupkan ponsel Cross GG53AB dengan Power Supply

ternyata ta ra .....ponsel hidup tetapi tidak  ada sinyal !    betul betul betul.
Ini berarti masih ada satu langkah lagi untuk menuju keberhasilan yaitu mencari dan mengganti IC PA RDA6231. Usaha saya selanjutnya mencari IC RDA6231 yang baru ternyata belum menemukan dan dalam benak saya tak ada jalan lain kecuali dengan dua cara yaitu kanibal ponsel yang sama IC PA nya dan atau dengan menjumper ic rda 6231 . Dan setelah call dan sms ke teman akhirnya hanya mendapatkan satu kanibal ic pa rda 6231 pada ponsel lain. Padahal masih ada 3 ponsel lagi yang kebetulan kerusakannya sama yaitu konslet ic rda 6231.

       Cara ke dua ini memang harus ekstra hati-hati pada saat mencabut agar ic rda 6231 tidak konslet, tentunya dengan mengatur hot dan air  blower dengan seimbang. Kemudian pasangkan ic kanibalan tersebut harus tepat pada tempatnya agar betul-betul berhasil tidak bongkar pasang berkali-kali karena ic akan mudah rusak. Nah lama kelamaan kita akan susah mencari kanibalan ic tersebut betul tidak....? Oke bro...! jangan khawatir dan bersedih hati he he he......!!!!
Sekarang  pakai jurus pamungkas yang sebetulnya tidak disarankan karena hasilnya kurang maksimal yaitu dengan cara jumper ic rda 6231. Untuk trik jumper ini memang kadang kita amat pusing juga apabila tidak mempunyai skema ponsel yang akan kita jumper dan juga kita harus paham betul cara kerja ponsel agar  bisa menganalisanya. Dibawah ini ada trik jumper ic rda 6231 berhasil saya lakukan pada Ponsel Cross GG53AB yaitu dengan menghubungkan ketiga pin ic rda 6231 antara pin RX-ANT-GSMin ( seperti pada gambar dibawah ini)



Keterangan Gambar :  
RX=pin 26
ANT=pin 2,
                                                       GSM in=pin 16




Ini sekedar pengalaman pahit yang dulu telah saya lakukan karena waktu itu betul-betul tidak ada pilihan lain tidak seperti sekarang IC RDA 6231 sudah tersedia di pasaran.
Mungkin ada juga diantara para tehnisi yang mengalami kerusakan seperti ini tetapi letaknya bukan pada IC PA melainkan pada komponen lainya seperti resistor, dioda, capasitor atau ic power.

(Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua)

4 comments:

kebetulan ane nemu kasus yg sama n udah ane praktekin gan, tp cuma keluar sinyalnya doank n g bisa tuk cll or di cll gan... Minta lampu penerangnya gan...

This comment has been removed by the author.

mohon mf bagi yg mau comment di blog ini, untuk sementara sobat bisa menggunakan sms karena untuk replay saat ini sedang mengalami gangguan tehnis dan akan segera kami perbaiki...terimakasih.

pas sekali boos ane juga dapatkan kasus yang sama semoga dengan trik ini bisa terselesaikan makasih sekali

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More